Anda sudah membangun bisnis? Tapi bingung bagaimana cara pengiklanannya? Iklan dalam bisnis adalah salah satu hal yang wajib di lakukan. Namun dalam beriklan Anda juga harus menggunakan beberapa strategi agar iklan bisa optimal dan mengenai target dengan baik. Sebelum memutuskan untuk beriklan baiknya Anda mengetahui macam-macam iklan agar bisa memilih salah satu yang paling tepat untuk bisnis Anda. Beberapa jenis iklan adalah

Iklan online
Iklan online adalah jenis pengiklanan yang berbasis internet, di zaman serba digital seperti ini iklan online dinilai lebih efektif untuk bisnis. Ada beberapa jenis media yang bisa Anda gunakan untuk beriklan secara online, misalnya sosial media (Instagram, Facebook, Twitter, Email, Tiktok, Youtube dan lain sebagainya) dan website.

Beberapa cara beriklan online yang paling popular adalah memanfaatkan fitur advertising di sosial media seperti facebook ads, instagram ads, google ads dan twitter ads, cara lain beriklan online adalah menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis Anda. Menggunakan media online untuk beriklan ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan seperti menerapkan metode SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing) dan CPC (Cost Per Click).

Istilah SEO dan SEM adalah bentuk pengoptimalan promosi dari website dimana jika Anda menerapkan cara ini untuk website promosi Anda, website akan mudah di temukan oleh pengguna internet karena muncul di halaman pertama mesin pencari. Sedangkan CPC adalah salah satu metode beriklan di internet dimana iklan di pasang di blog atau website dan pengiklan akan membayar ke publiser sesuai dengan seberapa banyak klik yang di dapat dari iklan tersebut.

SEM,CPC, fitus ADS di sosial media dan website adalah jenis iklan berbayar, jadi jika Anda menginginkan beriklan secara online bisa menganggarkan dana untuk modal iklan.

Iklan televisi
Iklan televisi adalah salah satu metode advertising yang masih eksis digunakan walaupun sudah ada media online yang dinilai lebih eksis. Masih banyak perusahaan yang memilih iklan televisi untuk mempromosikan produknya, beberapa diantaranya adalah iklan produk makanan dan kebutuuhan sehari-hari.

Sayangnya modal yang harus dikeluarkan untuk beriklan di televisi cukup besar sehingga hal ini tidak aman untuk perusahaan yang baru merintis bisnis ataupun memiliki modal yang masih terbatas. Hal ini adalah salah satu alasan kenapa banyak orang mulai berpindah menggunakan media online untuk beriklan.

Iklan outdoor
Jika Anda melihat papan iklan atau billboard besar di jalan, ini adalah bentuk iklan outdoor. Sampai sekarang iklan outdoor masih banyak dipilih untuk beriklan karena dengan iklan ini banyak menarik perhatian pengguna jalan. Iklan jenis ini bisa menjangkau target ketika mereka sedang berada di luar rumah, dilihat dari pengguna jalan yang masih terus ada pastinya kemungkinan iklan outdoor untuk tetap eksis juga cukup besar.

Jika sudah mengetahui jenis-jenis advertising yang bisa digunakan untuk beriklan, jenis advertising yang mana yang cocok dengan produkmu?
Setelah membicarakan soal jenis-jenis advertising, hal yang harus Anda ketahui dalam mempromosikan produk adalah mengetahui tujuan advertising itu sendiri. Yuk kita ulas secara singkat. Beberapa fungsi beriklan adalah

  1. Mengenalkan produk ke masyarakat umum
  2. Menampilkan kelebihan dan fungsi produk
  3. Menaikkan nilai produk
  4. Sebagai perbandingan dengan kompetitor

Mengetahui jenis-jenis iklan membuat Anda mengetahui jenis iklan apa yang cocok dengan produk dan anggaran biaya iklan. Pastikan tentukan target dan susun strategi untuk beriklan menggunakan jenis apa saja. Tingkatkan penjualan dengan beriklan. Konsultasikan masalah advertising dengan kami, pelayanan yang ramah dan konsultan yang expert bisa menjadi solusi masalah periklananmu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *