Dalam berbisnis, untuk meraih kesuksesannya pasti tidak lepas dari yang namanya promosi atau pemasaran. Kita tidak cukup hanya memasarkannya secara tatap muka secara terus menerus. Anda tidak mungkin sempat melakukan promosi dari satu rumah ke rumah lainnya setiap hari. Hal tersebut justru hanya akan membuat anda menghabiskan lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya. Bukannya untung, bisnis anda justru berpotensi menjadi buntung. Anda bukan hanya lelah, anda bisa kehabisan dana karena harus mencetak banyak brosur dan menyiapkan bahan bakar untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya.
Oleh karena itu, dalam mempromosikan suatu produk atau jasa, anda perlu strategi. Hal ini bertujuan supaya pesan dapat tersampaikan kepada target pasar yang tepat yang kemudian dapat mempengaruhi peningkatan penjualan. Strategi promosi tersebut yang bisa anda lakukan adalah Advertising atau periklanan. Ya, anda bisa memasang iklan di mana saja melalui media apa saja, baik online, offline, hingga konvensional.
Untuk online sendiri, anda bisa memanfatkan media sosial yang sudah banyak menyediakan lapak promosi, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan lain sebagainya. Untuk media konvensional, anda bisa memasang iklan di saluran televisi, radio, hingga media cetak. Sedangkan untuk offline juga tidak kalah fenomenal. Hal ini terlihat dari lampu-lampu untuk billboard yang dapat anda temukan setiap hari. Anda mungkin salah satu dari kebanyakan orang yang bertanya-tanya mengapa begitu pentingnya iklan dan mengapa perusahaan bersedia untuk menghabiskan jutaan iklan.
Selain efektif dan efisien, ternyata ada beberapa alasan Advertising atau periklanan penting bagi sebuah bisnis, di antaranya :
⦁ Iklan sebagai pesan persuasif
Iklan merupakan rancangan pesan untuk membujuk konsumen membeli produk atau jasa. Iklan memiliki berbagai jenis, mulai dari iklan konvensional hingga iklan billboard pada media online maupun offline, yang dimaksudkan untuk memberikan saran kepada konsumen. Diharapkan ketika konsumen melihat iklan tersebut, mereka tertarik pada apa yang ditawarkan. Iklan dinilai efektif dalam upaya meningkatkan penjualan. Maka tidak heran, banyak pelaku bisnis yang menghabiskan banyak uang kepada biro iklan yang mempromosikan produk dan jasa mereka.
Hal ini juga yang menyebabkan industri periklanan telah menjadi industri multi-miliar dolar dengan tren terbaru dan tidak tampak seperti pertumbuhan yang akan berhenti di mana saja dalam waktu dekat. Apalagi iklan merupakan alat yang paling penting dalam pemasaran. Iklan menjadi faktor yang mendorong konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
⦁ Iklan sebagai makna dalam bisnis
Tujuan dari setiap bisnis pasti untuk menjual produk atau jasa hingga menghasilkan keuntungan. Konsumen akan pergi untuk membeli produk atau jasa ketika mereka mengetahui keberadaan perusahaan itu sendiri. Itulah mengapa iklan perlu dipasang dalam bentuk visual yang dapat menunjukan keberadaan perusahaan tersebut. Apabila hanya menjual produk atau jasa tertentu tanpa beriklan, konsumen kemungkinan tidak menyadari bahwa produk itu ada. Oleh karena itu, industri periklanan menawarkan platform kepada badan usaha untuk menyebarkan kesadaran tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
Terlepas dari fakta masih banyaknya orang yang percaya bahwa iklan hanya terbatas pada televisi, radio, media cetak, metode off-beat seperti dari mulut ke mulut, dan acara sponsor, dapat bekerja dengan baik untuk bisnis. Sebuah iklan yang baik adalah promosi yang tidak hanya menarik konsumen baru, namun juga membujuk konsumen setia dari perusahaan saingan.
⦁ Perspektif Konsumen
Periklanan berperan penting bagi konsumen karena mampu membuat dia menyadari berbagai pilihan yang tersedia. Meskipun setiap kali jeda iklan dimulai atau setiap kali iklan muncul saat browsing dianggap mengganggu, tidak menutup kemungkinan iklan akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk mendapatkan pilihan yang terbaik.
Meskipun ada banyak media untuk beriklan, sangat penting memilih teknik yang tepat untuk suatu produk atau jasa. Misalnya, sebuah iklan billboard tidak akan cocok untuk sebuah perusahaan perangkat lunak atau iklan email yang tidak akan bekerja untuk perusahaan bengkel mobil.

Jadi, sudahkah anda memasang iklan untuk bisnis anda? Jika belum, kini saatnya anda memasarkan produk atau jasa yang anda miliki ke jangkauan yang jauh lebih luas lagi. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *