Saat sebuah bisnis berjalan pasti berfokus pada pelanggan. Sebagaimana ada produk atau jasa yang ditawarkan dan proses transaksi yang terjadi guna meraup keuntungan darinya. Sehingga customer-focused adalah topik yang menjadi perhatian kalangan bisnis. Tidak terkecuali bisnis digital. Gartner mengatakan 42% CEO perusahaan teknologi percaya peningkatan layanan customer experience adalah faktor yang paling menentukan keberhasilan bisnis.
Salah satu keuntungan dari pendekatan customer-focused pada bisnis menurut Marketing Insider Group adalah pelanggan yang merasa puas dengann bisnis anda baik dari produk atau jasa maupun pelayanan yang diberikan. Apalagi di tengah kemudahan komunikasi dan berbagi informasi, pelanggan dapat menceritakan pengalaman terbaiknya melalui beragam media komunikasi dan informasi secara digital.
Lalu bagaimana caranya untuk menghadirkan pengalaman terbaik untuk pelanggan? Inilah kunci utama telekomunikasi customer-focused untuk kesuksesan bisnis yang telah dirangkum dalam e-book “6 Telco API Trends to Know in 2019” :
⦁ Gunakan teknologi komunikasi yang Customer-Focused
Dalam berbisnis, para pelaku bisnis rupanya harus semakin menerapkan strategi yang efektif. Apalagi dengan hadirnya beragam alat komunikasi baru dan kemudahan akses informasi membuat pelaku bisnis menerapkan strategi komunikasi yang tepat, baik untuk pemasaran, penjualan dan dukungan pelanggan. Salah satu tandanya adalah adanya Chatbot dan Artificial Inteligence (AI) untuk memenuhi respon yang baik, langsung, dan mudah dijangkau.
Operator telekomunikasi dapat menjadi jawaban untuk bisnis yang berfokus pada pelanggan. Apalagi di tengah gempuran informasi dan media komunikasi, telekomunikasi hadir sebagai alat komunikasi dengan jumlah pengguna yang besar namun tidak perlu memikirkan koneksi internet atau kekuatan sinyal. Dalam hal ini, ada layanan panggilan suara yang dapat memberikan komunikasi yang langsung, cepat, dan interaktif untuk pelanggan. Ada juga SMS sebagai customer support atau berbagi informasi dengan jangkauan yang luas. Sehingga keluhan dan kebutuhan atas informasi akan terselesaikan dengan cepat.
Strategi ini memiliki open rate 98%. Sehingga pengiriman informasi akan berjalan lebih efektif dan efisien. Semua kebutuhan seperti informasi siaran, promosi atau pengingat dapat Anda kirimkan tanpa perlu mengkhawatirkan pesan tidak dibuka oleh pengguna.
Dengan strategi komunikasi yang berfokus pada pelanggan, kepuasan pelanggan dapat anda capai dengan mudah. Tentunya didukung dengan alat komunikasi yang mudah dijangkau dan cepat dari operator telekomunikasi, kepuasan pelanggan dapat dengan mudah Anda capai.
⦁ Sediakan pembayaran secara digital (Cashless)
Belakangan ini, metode pembayaran secara digital sekaligus alat pembayarannya mulai bermunculan dan diterapkan oleh pelaku bisnis digital maupun toko fisik. Pembayaran digital ini untuk mengubah kebiasaan masyarakat dalam transaksi. Hal ini menunjukkan customer-focused mulai diterapkan di alat pembayaran. Contoh alat pembayaran yang populer digunakan di Indonesia adalah Gopay, Dana, LinkAja, dan masih banyak lagi. Cara menggunakannya pun mudah sekali. Pelanggan hanya perlu scan QR code yang tersedia pada toko atau memasukkan nomor kartu kredit/debit untuk bisnis online. Proses transaksi otomatis terselesaikan beserta jumlah nominalnya.
Hal ini berarti teknologi dan pembayaran digital semakin ‘memanjakan’ dan mempercepat pelanggan dalam bertransaksi. Kepercayaan diri masyarakat dalam cashless juga akan membuat pembayaran digital terus berkembang dan berinovasi.
Dalam hal ini, pelaku bisnis tentu saja harus sedini mungkin mempersiapkan diri. Penyediaan alat pembayaran yang mudah, cepat, dan praktis dari pembayaran digital akan memberikan pengalaman bertransaksi yang terbaik bagi pelanggan.
⦁ Saatnya memanjakan pelanggan!
Pengalaman dan loyalitas pelanggan adalah dua hal yang sangat penting dan selalu berkaitan. Pastikan segala kebutuhan pelanggan terpenuhi melalui layanan yang membuat pelanggan merasa nyaman.
Salah satunya adalah dengan menghadirkan AI dan Chatbot untuk meningkatkan layanan bisnis serta menghadirkan pengalaman pelanggan yang baik. Dengan AI dan Chatbot, pelaku bisnis dapat memberikan pengalaman interaksi terbaik demi kepuasan pelanggan akan produk yang anda tawarkan.
Hal ini berarti pelaku bisnis harus berada di setiap touchpoint dengan pelanggan. Ketika mereka ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, anda harus menyediakan customer support di web atau aplikasi Anda. Lalu untuk melakukan transaksi, anda harus menggunakan alat pembayaran yang mudah.
Oleh karena itu, telekomunikasi menjadi layanan yang Anda butuhkan. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, produk-produk telekomunikasi telah berinovasi menjadi lebih mudah untuk digunakan dan semakin mampu menjawab kebutuhan pasar.

Bagaimana? Menarik bukan? Sebagaimana pelanggan adalah hal yang paling diincar untuk kesuksesan bisnis dan penjualannya, maka tidak ada salahnya untuk segera melakukan telekomunikasi yang customer-focused melalui 3 kunci tersebut. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *